[Review] Kiznaiver


download

Akhir – akhir ini cukup jarang anime yang original. maksud saya original adalah aime yang bukan dari adaptasi apapun baik itu manga, Light novel, game dan sebagainya. Mungkin karena berbagai faktor jarang dibuatnya seri anime original. dan musim lalu ada salah satu anime yang luput dari perhatian saya meskipun anime itu  adalah dari salah satu studio anime favorit saya Trigger Studio. Kiznaiver adalah anime yang banyak luput dari banyak penggemar tapi setelah tamat cukup banyak yang membicarakan anime ini di beberapa grup anime indonesia.

kiznaiver09_premux_001_27726

Mengambil latar cerita di sebuah kota fiksi Sugomori, Jepang. Suatu hari, Sonozaki mengatakan pada Katsuhira: “Kamu terpilih untuk menjadi Kiznaiver”. Kizuna System, membuat Katsuhira dapat berbagi luka dan menghubungkan dirinya dengan teman sekelas yang memiliki kehidupan dan kepribadian yang berbeda darinya. Kizuna System adalah sebuah sistem yang diimplementasikan untuk perdamaian dunia dengan menghubungkan melalui luka. Semua orang yang terhubung dalam sistem ini disebut dengan Kiznaiver. Ketika salah satu Kiznaiver terluka, sistem akan membagi dan mengirimkan luka ke Kiznaiver lainnya.

Kiznaiver

Langsung saja. sebenarnya dari episode anime ini kurang menarik etapi entah kenapa malah saat episode 2 baru mulai menariknya anime terlihat. dengan tag genre drama dan scif-i menurut saya sci-fi nya itu cuma tambahan pelengkap agar cerita bisa berjalan menarik. bagaimana ketika rasanya 6 (7 aslinya) orang yang awalnya tidak terlalu mempunyai hubungan yang dekat malah tiba – tiba “dipaksakan” untuk bisa berteman, saling mengerti dan sebagainya. Hubungan terpaksa ini dihubungkan dengan rasa sakit, terutama rasa sakit fisik bisa saling merasakan satu sama lain.

GFPRk5o

Yang awalnya hanya rasa sakit fisik saja contohnya adalah bila teman kamu “burungnya” ditendang maka kamu juga akan merasakan sakitnya. berkat sistem kizna ketujuh orang ini bisa merasakan sakit satu sama lain. dengan berbagai sifat para kelinci percobaan ini tentu menghasilkan cerita penuh kesakitan menarik, ketujuh orang ini menurut sang penyelenggara menggambarkan 7 dosa besar (saya males cerita tentang ini). Awalnya hanya rasa sakit saja yang dirasakan satu sama lain semakin lama semakin berkembang sampai bisa merasakan rasa sakit dari perasaan yang terpendam.

Kiznaiver11

Nah ini yang menjadi menarik karena bisa merasakan perasaan yang terpendam bisa membuat hal repot dan menjadi semakin menarik untuk disimak. bagaimana perasaan yang terpendam bisa dirasakan oleh orang, terutama perasaan cinta bisa dirasakan oleh orang lain tentu itu bisa jadi masalah bagi orang yang sulit mengaku pada perasaannya sendiri.

154500

Kadang rasa sakit di hati atau perasaan bisa lebih menyiksa daripada luka fisik. dengan berbagai karakte, sifat dan latar belakang para kelinci percobaan menjadi lebih dekat dan menjalin hubungan pertemanan yang dihubungkan dengan rasa sakit itu.

kizna

Jadi bagaimana apakah bisa berteman setelah bisa merasakan rasa sakit baik luka fisik dan luka batin satu sama lain? lalu bagaimana mereka menyelesaikan permasalahan masing – masing? menurut saya permasalahan utama disini berpusat pada bagaimana mereka menjalin hubungan satu sama lain, dengan tiap karakter yanng mempunyai karakter yang unik membuat kiznaiver menarik. tentu saja masalah yang paling menarik adalah masalah cinta.

kiznaiver-04-25-ready-for-camp (1)

Ah ngomong – ngomong karena saya menyebut nama trigger studio ini adalah salah satu studio yang saya suka dari segi visualnya. gak bagus tapi bukan juga jelek tapi lebih ke arah unik saja. Kalau pernah menonton anime seperti Kil La Kill,little witch academia mungkin akan mengerti betapa uniknya studio ini. atau mungkin pernah menonton Evangelion atau Tengen Toppa Gurren Lagannyap buatan studio gainax. nah studio trigger ini berdiri pada tahun 2011 dan didirikan oleh para mantan animator dari studio gainaz jadi keunikan dari studi gainax itu masih terbaawa ke studio trigger ini.

tumblr_o5ej4oesGp1r21t5mo2_1280 (1)

Jadi pendapat akhir saya adalah Kiznaiver adalah sebuah anime yang bisa membuat kita memahami bagaimana sebuah hubungan terjalin meskipun itu dengan berbagi rasa sakit yang sama. Peran komunikasi antar karakter sangatlah penting bahkan bisa kita lihat di kehidupan di sekitar kita. sebuah anime yang bisa mengajarkan banyak hal pada penonton.
Just spoiler
kiznavier - chart edit

jujur saja cerita yang dibangun dari episode 1 sampai episode 12 ini menurut saya sangat bagus tapi yang kurang hanya satu yaitu ending yang menurut saya gagal penyampaiannya. meskipun untuk cerita sih tetep bagus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman belanja online

kembali menonton

[Review] Hataraku Maou Sama