[Review] Patlabor TV series

51917_patlabor

Udah  lama banget pengen bikin review ni anime.  tapi yah begitulah yang paling utama adalah mood yang tidak kunjung datang juga untuk membuat postingan review ini.  asalnya saya ingin membuat review anime yang baru selesai musim dingin kemarin tapi karena ini sudah sangat lama saya ingin buat maka inilah saatnya.

Bercerita tentang negara Jepang pada tahun 1998 hingga 2002 di saat robot-robot yang disebut "Labors" dipekerjakan untuk pekerjaan berat. Kepolisian Tokyo pun juga memiliki persenjataan menggunakan robot yang disebut Patlabor (Patrol Labors) untuk mengatasi kasus kejahatan yang melibatkan Labor. Anime ini lebih menceritakan tentang kehidupan sehari-hari para anggota polisi Divisi 2 Patlabor, dengan fokus utama pada karakter pilot muda bernama Noa Izumi di Divisi 2.

Patlabor_Ingram_20070818

Bila kalian pernah menikmati jaman ketika banyak sekali tayangan anime di televisi nasional mungkin pernah menonton ini. saya lupa ditipi dan sampai berapa episode ditayangkannya. seinget saya dulu patlabor ini ceritanya bukan kaya kek gundam atau aldnoah zero yang bisa membuat para robot itu bertarung dengan “edan” gitu. karena saya tidak ingat cerita lengkapnya saat tayang di tv nasional dulu maka saya memutuskan untuk menontonnya kembali. ternyata ingatan saya yang samar – samar itu cukup mendekati yang ada di cerita anime Patlabor ini

Bila kalian menginkan anime “mecha” dengan cerita yang para robotnya itu bisa bertarung dengan  menggunakan senjata laser, terbang atau seperti gundam (saya pakai gundam karena bisa dibilang paling umum gitu) maka Patlabor sangat tidak saya sarangkan untuk ditonton. Tapi jika ingin menonton anime “mecha” yang beda dari biasanya maka saya mungkin  akan merekomendasikan anime ini.

patlabor-6419

jadi ceritanya disini lebih mengedepankan keseharaian para anggota divisi 2, divisi 2 itu bisa dibilang yah satuan khusus yang dibuat untuk mengatasi masalah yang diakibatkan labor (sebutan robotnya) dan masalah yang bisa dibantu juga oleh unit khusus ini. karena Labor ini bisa dibilang masih  baru jadi bisa terbang, menembakan laser atau apalah yang aneh-aneh seperti anime mecha pada umumnya. Labor disini digunakan untuk membantu pekerjaan manusia walanya untuk membamntu dalam hal pembangunan tapi kedepannya fungsi labor semakin bertambah seperti untuk keamanan, pemadam kebakaran dan sebagainya. Dengan banyak labor tentu ada saja tindak kejahatan yang disebabkan oleh labor

Jadi emang keseharian divisi 2 ini gimana sih? inti keseharian mereka adalah kebanyakan sih kacau sampai para masyarakat ini bisa sangat takut bila mendengar nama divisi 2. alasannya adalah ? bisa lihat sendiri kalau kalian menontonya. karena disini mengedepankan cerita tentang para anggota divisi 2 tentu hampir semua  karakternya mendapat jatah untuk episode yang mengedepankan 1 karakter di episode. saya tidak akan menjabarkan tiap karakternya karena salah satu kekuatan cerita anime ini adalah para karakternya.

814131019165_anime-patlabor-movie-blu-ray-altC

Cerita di anime bisa dibilang sangat amat bertolak belakang dengan anime “mecha” pada umumnya. saya jujur saja menonton anime ini sangat enjoy banget (yah mungkin faktor U) kadang saya bisa menonton anime ini secara marathon dalam 1 hari  (total episode 47) meskipun jumlah episodenya cukup banyak tapi saya sangat menikmati menonton ini. karena ceritanya ini ringan tidak ada cerita misal kaya konspirasi atau orang bertopeng gitu.

2_20101225213116

 

Apakah saya akan merekomendasikan anime? itu sih tergantung selera masing – masing juga sih tapi mungkin bila ingin menonton anime klasik atau jadul yang pernah tayang di tv nasioan dan gak inget ceritanya dan pengen menamatkan anime tersebut mungkin akan sangat cocok.

Pendapat akhir saya adalah Patlabor bukan anime “mecha” yang seperti pada umumnya karena anime ini lebih mengedepankan cerita para karakter atau polisi dibanding cerita tentang intrik atau pertarungan para robot. cerita ringan tapi tidak membosankan untuk ditonton. Penilaian anime saya di akun MAL saya adalah sebagai berikut.

patlba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman belanja online

kembali menonton

[Review] Hataraku Maou Sama